Berikut Tips-tipsnya :

1. biasain mandi air dingin gan. Dengan begini anda dapat menghemat pengeluaran gas. Bis itu bagi agan-agan yang punya ac, bisa dikurangin penggunaan ac-nya. Soalny yang namany mandi air dingin bakal kebawa ademnya mayan lama. Jadi ya coba aja .


2. Agan-agan pada inget ga iklan PLN 17.00-22.00. Nah sebenernya pesan yang ingin disampein PLN sih sederhana aj yaitu "kami kekurangan energi, bantu kami dengan mengurangi penggunaan listrik anda selama jam2 sibuk". Yah matiin lampu dikit juga dah cukup.


3. Ngopi di kafe. Nah ini juga mayan ngefek, coba agan kurangi kebiasaan ngopi di kafe. Yah ganti ama kopi buatan emak atau istri agan aj. lumayan loh gan duit yang bisa disisihin.



4. Nebeng pergi sama pulang. Nah kalo ini saya juga sering gan. Yah jgn ga bayar juga sama temen agan. Patungan bdua lah bensinnya. Ini mah kesepakatan anda aja. Selain berdampak positif buat lingkungan. Agan juga bisa makin akrab ama temen agan.


5. Beli barang pas lagi sale aja gan. Kayak waktu itu seinget saya sempet ada night sale di mal-mal di jakarta dari jem 9an sampe jem 12. Makin malem makin guede diskonnya. Kan lumayan gan, sampe ada yang 70%, yah walau barang cuci gudang.


6. Matikan lampu saat tidur gan. Selain hemat listrik dan uang, ane sering liat kalo yang namanya tidur ga pake lampu ad lebihnya. Kaya lebih cepet tidur. Yah buat yang males matiin lampu mending beli aj lampu-lampu kaya lampion gitu yang terangnya kecil, biar ga terlalu takut gan.


7. Menyimpan sedikit uang aja di dompet. Ane pengalaman sndiri. Yah mungkin emang anenya yang konsumtif. Tapi ngepek juga kok. Kalo naro uang banyak-banyak di dompet, bakal makin besar godaanya gan.


8. Punya pembantu jangan banyak-banyak gan. Kalo emang bener-bener butuh cukup satu lah. Jangan sampe 3. Itu mah elit bener. Lagian sisi positifnya juga agan jadi bisa sekalian berolahraga. Kaya nyiram tanaman sembari lari di tempat bis itu juga bisa makin jago masak kalo masak sendiri.


9. Biasain makan di warteg gan. Asik, murah meriah, merakyat dan berbagai keuntungan lain yang agan-agan bisa dapatkan. Lagian membantu usaha kecil juga kan gan.


10. Pake kendaraan umum gan. Lebih merakyat, lagian siapa tau bisa ketemu jodoh. Yah pake transjakarta aja, menurut saya, transjakarta sudah cukup nyaman buat para penggunanya, walaupun tidak terlalu sih.


11. NAIK SEPEDA GAN. Udah asik, sehat pula. Yah mungkin banyak yang bilang sepeda di Jakarta ga asik, banyak asap dan lain lain. Kalo begini pake masker aja gan. Bis itu jangan lupa ya pake helm. Saya rekomendasiin juga ga perlu naek sepeda tiap hari ke tempat tujuan. Yah digilir aja sama naek kendaraan umum.


12. Ke pasar tradisional. Selain masih bisa ditawar (tapi jangan gila-gilaan ya), brarti agan-agan juga membantu para pedagang-pedagang. Tapi ini ga brarti saya anti sama yang namanya pasar modern loh.


13. Mandi pake shower gan. Ini jauh lebih hemat air loh gan dibanding pake gayung. 


14. Ini bagus nih gan. Kalo sikat gigi mending pake gelas daripada langsung dari keran. Katanya sih kalo langsung dari keran bisa ampe 6 liter, tapi dari gelas paling-paling cuma 1/2 liter. Jangan lupa juga matiin kerang kalo lagi nyukur dll. Gimana?? Hal kecil tapi ngefek kan.



0 komentar:

Post a Comment

Post komentarnya yang baik dan sopan. serta jangan SPAM/SARA/Flamming yaa :D

Terima Kasih atas perhatiannya.

 
Top